KCC Indonesia Awali Tahun 2023 dengan Berbagai Lomba

EVENT, NASIONAL, NEWS2,234 DIBACA

Pusat Kebudayaan Korea di Indonesia atau Korean Cultural Center (KCC Indonesia) menghadirkan beragam lomba dalam rangka mengawali tahun baru 2023. Adanya perlombaan juga untuk memeriahkan perayaan 50 tahun persahabatan Korea Selatan dengan Indonesia.

KCC Indonesia menyelenggarakan tiga perlombaan, yaitu lomba mendesain Obangsaek pada simbol Korea, lomba K-Culture Wishlist, dan lomba ilustrasi Hansik dalam konten Hallyu. Ketiga lomba ini diselenggarakan pada bulan Januari 2023.

Direktur KCC Indonesia, Kim Yong Woon mengatakan lomba ini memberikan semangat berkarya untuk mengawali 2023.

“Tahun ini istimewa karena perayaan 50 tahun persahabatan Korea Selatan dan Indonesia. KCCI mengawali tahun 2023 dengan memberikan semangat untuk berkarya melalui lomba yang digelar,” ujar Kim Yong Woon.

 

1. Lomba Mendesain Obangsaek pada Simbol Korea

Flyer Lomba Desain Obangsaaek/SUmber: Web KCCI
Flyer Lomba Desain Obangsaaek/SUmber: Web KCCI

Obangsaek merupakan palet warna tradisional Korea yang terdiri dari warna putih, hitam, biru, merah, dan kuning. Pada lomba ini nantinya peserta berkreasi dengan lima warna tersebut dan menuangkannya dalam simbol-simbol Korea.  

Desain para pemenang juga akan dituangkan dalam bentuk benda serta dipamerkan.

 

2. Lomba K-Culture Wishlist 

Pada lomba ini KCC Indonesia mengajak masyarakat mengungkapkan harapan di tahun baru. Peserta harus membuat harapan yang berhubungan dengan budaya Korea pada lomba ini. Periode pengiriman karya K-Culture Wishlist mulai tanggal 2 hingga 15 Januari 2023.

"Poster Lomba K Culture Wishlist/SUmber: Web KCCI
“Poster Lomba K Culture Wishlist/SUmber: Web KCCI

3. Lomba Ilustrasi Hansik dalam Konten Hallyu

Lomba ini didasarkan pada fenomena banyaknya masyarakat Indonesia yang tergiur untuk mencoba makanan Korea (Hansik). Terdapat dua kategori usia dalam lomba ini (pelajar di bawah 20 tahun dan umum 20 tahun ke atas). 

KCC Indonesia ingin mengajak masyarakat berkreasi dalam bentuk ilustrasi atau gambar dan menuangkan kelezatan Hansik di dalamnya.

FLyer Lomba Ilustrasi Hansik/Sumber: Web KCC Indonesia
Flyer Lomba Ilustrasi Hansik/Sumber: Web KCCI

 

Direktur Kim Yong Woon juga berharap masyarakat bisa mengeskpresikan minat dan bakat terhadap budaya Korea dari lomba-lomba tersebut. 

“Hingga saat ini kami menemukan banyak orang Indonesia yang menuangkan minatnya terhadap Korea, khususnya Hallyu pada beragam platform. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” jelas Kim Yong Woon.

“Kami menantikan partisipasi masyarakat dari seluruh Indonesia dalam lomba-lomba tersebut,” tambahnya.

Informasi detail dari setiap lomba tersedia di situs web KCCI id.korean-culture.org.

 

News Feed