Kasus Covid-19 di Indonesia Kembali Naik

HEALTH, NASIONAL, NEWS1,668 DIBACA

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengonfirmasi bahwa menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), jumlah kasus Covid-19 di beberapa negara, termasuk Indonesia, mengalami peningkatan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, mengungkapkan bahwa tren Covid-19 di Indonesia cenderung meningkat setiap minggunya.

“Di negara kita terpantau bulan ini kecenderungan naik ada, dari minggu ke minggu,” ungkap dr. Maxi dalam konferensi pers daring, Rabu (6/12/2023).

“Kasus konfirmasi rata-rata per hari itu di 40, barangkali 35 sampai 40 per hari,” lanjutnya.

Menurut dr. Maxi, data tersebut diperoleh dari pemeriksaan infeksi virus SARS-CoV-2 sekitar 1.000 hingga 1.100 orang per hari. Varian yang masih mendominasi adalah Omicron subvarian XBB 1.5.

“Omicron subvarian XBB 1.5 masih mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia,” kata dr. Maxi

Saat ini, sekitar 131 orang yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi Covid-19. Meskipun demikian, rata-rata kasus masih tergolong rendah dan masih di bawah level satu,

Berkaitan dengan peningkatan kasus ini, Kemenkes RI kembali mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan melakukan vaksinasi.

“Jangan lupa pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan yang paling penting booster. Vaksinnya sendiri masih gratis hingga akhir tahun ini,” tegas dr. Maxi.

“Tahun depan, vaksin Covid-19 hanya gratis untuk kelompok tertentu, seperti lansia dan dewasa muda dengan komorbid atau imunitasnya rendah,” imbuhnya.

News Feed