Pemkab Bekasi Siap Realisasikan Kegiatan Pembangunan di Desa Sukadami

ADVERTORIAL, NEWS168 DIBACA

Pemerintah Kabupaten Bekasi di tahun 2024 ini akan merealisasikan sebanyak 36 rencana kegiatan pembangunan di Desa Sukadami dengan total anggaran mencapai Rp 12 miliar. Jumlah tersebut menjadikan Desa Sukadami sebagai desa yang mendapatkan realisasi pembangunan tertinggi di Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Desa Sukadami, Abenk Arif menuturkan, realisasi pembangunan tersebut mencakup beberapa pekerjaan penting di antaranya perbaikan dan peningkatan infrastruktur baik pada sektor pendidikan, olahraga, fasilitas umum, serta pemeliharaan drainase dan pembangunan Rutilahu.

“Di tahun 2024 ini, Desa Sukadami memperoleh alokasi untuk rehab sekolah dan pembangunan ruang kelas baru di tiga titik yakni SDN Sukadami 02, SMPN 5 Cikarang Selatan, dan SMPN 1 Cikarang Selatan. Pemenuhan infrastruktur sekolah ini tentunya untuk memberikan kenyamanan tidak hanya bagi siswa, tetapi juga para guru agar lebih semangat mencetak generasi penerus sebagai sumber daya unggul dan berkualitas kedepannya,” ungkapnya pada Rabu (17/01/2024).

Abenk menyampaikan, pemerintah daerah juga melakukan revitalisasi sarana olahraga serta pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mendorong budaya gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga.

“26 kegiatan lainnya, pembangunan sarana olahraga yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan bakat warga di bidang olahraga. Ada lapangan voli, badminton, basket. Juga taman bermain dan taman lansia yang dibangun sebagai fasos dan fasum yang dapat digunakan warga untuk kegiatan kepemudaan, kebudayaan, atau tempat rekreasi keluarga untuk sekedar melepas penat,” sambungnya.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan, pembangunan turap juga menjadi prioritas selanjutnya yang akan dikerjakan pada tahun ini. Hal tersebut guna meminimalisir potensi terjadinya banjir di wilayah Desa Sukadami terlebih saat memasuki musim penghujan.

“Untuk upaya pengendalian banjir di Kali Cikadu ini secara bertahap terus kita lakukan. Tahun ini pembangunan turap di sisi perumahan permata cikarang selatan, kurang lebih 240 meter. Kali Cikadu sendiri merupakan pusatnya kali dari hulu ke hilir, selain pembangunan turap, melalui PKTD kemarin juga kita lakukan langkah normalisasi untuk mencegah terjadinya luapan air kali saat musim hujan tiba,” terangnya.

Pada sektor pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu), Abenk menambahkan, ditargetkan sebanyak 15 unit Rutilahu yang akan dikerjakan pada oleh Pemkab Bekasi di wilayah Desa Sukadami pada tahun 2024. Ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam mengakomodir usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat.

“Hal penting lainnya adalah SIPD sebagai instrumen pengelola data yang valid dan aktual. Untuk diketahui, pada saat terakhir ditutupnya input SIPD tahun 2025, Desa Sukadami berhasil melakukan input dengan jumlah 242 usulan yang lolos dan diverifikasi. Tentunya dengan sistem penginputan yang benar akan ada harapan tercapainya realisasi pembangunan dari pemerintah daerah,” tegasnya.

News Feed