oleh

Pemerintah Perpanjang PPKM Jawa-Bali Hingga 5 Desember

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I di Jawa-Bali selama dua pekan ke depan. Perpanjangan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 49 Tahun 2022 Tentang PPKM Pada Kondisi Corona VIrus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam instruksi itu, Tito menyebut seluruh wilayah di Jawa dan Bali saat ini dalam menjalankan PPKM level I. Sejumlah wilayah tersebut antara lain, kabupaten dan kota di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

“Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu berpedoman pada Indikator Transmisi Komunitas pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial,” kata Tito dalam instruksi tersebut. TIto menyatakan, instruksi perpanjangan PPKM ini dikeluarkan pada 21 November dan berlaku per 22 November hingga 5 Desember mendatang.

Adapun pembatasan dalam PPKM level satu ini masih cenderung longgar. Pemerintah masih mengizinkan pembelajaran tatap muka meskipun membolehkan jarak jauh. “Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh,” kata Tito dalam instruksi tersebut.

News Feed