Lepas KKN Unisma, Pj Bupati Bekasi Minta Mahasiswa Bantu Entaskan Stunting

ADVERTORIAL, NEWS293 DIBACA

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan secara resmi menerima 646 mahasiswa Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi, yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Bekasi.

Ratusan mahasiswa itu akan menjalani KKN di 25 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi, dengan prioritas di Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin dan Pebayuran.

“KKN ini, difokuskan pada pengembangan ekonomi. Karena Kabupaten Bekasi memang daerah pertanian, Problemnya, pertumbuhan ekonomi di daerah pertanian, lebih lambat daripada daerah industri, jadi perlu didorong,” ujar Dani Ramdan usai melepas ratusan mahasiswa di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Rabu (15/2/2023).

Selain itu, kata dia, melalui program KKN, diharapkan para mahasiswa Unisma dapat membantu program pemerintah dalam pencegahan dan pengentasan stunting.

“Maka tadi saya lebih banyak mengarahkan kepada mahasiswa selama ber-KKN ini bisa membantu pemerintah desa mengurangi stunting dan mencegah stunting baru,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, peran Pemkab Bekasi dalam mendukung program KKN Unisma ini, yakni memberikan pembekalan dan informasi terkait kondisi wilayah Kabupaten Bekasi di bagian utara.

“Melalui pemerintah desa, kami memfasilitasi agar mahasiswa bisa menjalankan tugas-tugasnya. Nanti hasil KKN ini, akan jadi input bagi kami. Dimana program- program yang bagus akan kita lanjutkan dan dikembangkan di desa di wilayah Kabupaten Bekasi,” katanya.

Dirinya berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan waktu selama KKN di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Selama KKN ini, para mahasiswa bisa mentransfer ilmunya kepada masyarakat, dan menyerap ilmu juga dari mereka, sehingga mahasiswa bisa memperkaya pengetahuan dan mereka bisa menjadi kader penerus yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unisma Bekasi, Hermanto mengapresiasi dukungan Pemkab Bekasi yang sudah memfasilitasi program KKN yang akan dilaksanakan hingga 18 Maret 2023.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah melaksanakan pelepasan, untuk 646 mahasiswa terdiri dari berbagai disiplin ilmu, semester 7 yang sebentar lagi lulus. Insyaallah mereka adalah kelompok intelektual muda, yang akan membantu kegiatan dan program pemerintah, seperti stunting, pengelolaan sampah dan lingkungan hidup serta UKM,” terangnya.

News Feed